Kalah di Kasasi, Gudang Garam Ajukan PK

 

 

Wfgaz.com – Pabrik rokok Gudang Garam akhirnya dapat berhasil menang dalam sengketa merek menghadapi Gudang Baru di tingkat Peninjauan Kembali (PK). Sebelumnya, pihak Gudang Garam mengalami kekalahan pada tingkat kasasi.

Perkara berawal ketika PT Gudang Garam Tbk merasa tidak terima lantaran Ali Khosin membuat rokok Gudang Baru melalui perusahaan PR Jaya Makmur. Ali memberanikan diri untuk membuat rokok dengan nama yang hampir mirip lantaran telah memiliki nomor IDM000032226 tertanggal 21 Maret 2005 dan Nomor IDM000042757 tertanggal 14 Juli 2005 untuk jenis barang pada kelas 34 dari Daftar Umum Merek Direktorat Jenderal (Dirjen) HKI.

Majelis PN Surabaya akhirnya membatalkan pendaftaran merek Gudang Baru serta Lukisan pada 12 September 2013 lalu. Dengan kegagalan ini, Ali mengajukan kasasi. Pada tanggal 22 April 2014 lalu, Mahkamah Agung memutar kondisi dengan memenangkan pihak Gudang Baru.

Perkara yang bernomor 162 K/Pdt.Sus-HKI/2014 tersebut diadili oleh ketua majelis hakim Prof Dr Valerina JL Kriekhoff dan anggotanya Soltoni Mohdally dan Abdurrahman. Mahkamah Agung menganggap judex factie tidak cermat saat mengungkapkan itikad tidak baik.

Dari pemeriksaan asministrasi telah sesuai dengan kewenangan Dirjen HKI, PT Gudang Garam Tbk tidak mempunyai data hasil penelitian mengenai adanya itikad baik dari pihak Gudang Baru.

Oleh karena itu, pihak Gudang Garam tidak menerima dan akhirnya mengajukan PK. Alasan mereka mengajukan PK yakni Ali telah dieksekusi pada kasus pidana merek dagang. Oleh sebab itu, sudah memiliki cukup alasan Ali tidak beritikad baik untuk penggunaan merek Gudang Baru.

“Menyatakan merek gudang Garam adalah merek terkenal. Menyatakan merek Gudang Baru mempunyai persamaan pada pokoknya dengan merek Gudang Garam. Membatalkan pendaftaran merek Gudang Baru,” ungkap majelis PK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *