Polisi Tangkap Hacker Pembobol 600 Website di Surabaya

 

 

Wfgaz.com – Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap dua orang hacker atau peretas di wilayah Surabaya. Mereka berdua adalah bagian dari kelompok yang bernama SBH yang melakukan kejahatan teknologi dengan menjebol sebanyak 600 website baik dalam negeri ataupun luar negeri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan target pelaku yang akan ditangkap sebenarnya ada enam orang. Tetapi, hanya baru dua pelaku yang berhasil ditangkap.

“Mereka menjebol sistem pengamanan (dengan cara hacking) dari sistem elektronik milik orang lain. Kemudian mengancam atau menakut-nakuti dengan meminta sejumlah uang,” ungkap Argo pada keterangan tertulisnya, Senin (12/3/2018).

Argo mengatakan pelaku yang berinisial KPS ditangkap di daerah Sawahan, Kota Surabaya. pelaku adalah pendiri dan bagian dari kelompok SBH.

“Dia meminta sejumlah uang melalui metode pembayaran akun PayPal dan Bitcoin dengan alasan biaya jasa,” katanya.

Sedangkan satu pelaku lainnya yang berinisial NA ditangkap di daerah Gubeng, Surabaya. Dia juga memiliki peranan sebagai peretas dan juga ikut memeras korban dengan bentuk uang PayPal dan Bitcoin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *