Polisi Pastikan Proses Hukum Penganiayaan Bayi Calista Tetap Berlanjut

 

 

Wfgaz.com – Polri membatalkan penanganan kasus penganiayaan kepada bayi Calista di luar pengadilan. Polri telah memberikan kepastian akan melakukan proses hukum dengan tersangka Sinta, ibu kandung Calista akan dilanjutkan.

“Sudah ditetapkan, (penyidikan) orang tua dari Calista diproses lanjut,” ungkap Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (27/3).

Setyo mengatakan keputisan tersebut dibuat setelah melakukan diskusi bersama beberapa pakar dan ahli. Selanjutnya, berdasarkan barang bukti dan fakta-fakta yang dihimpun penyidik mengenai kasus penganiayaan terhadap anak tersebut.

“Tidak ada wacana, tetap akan diproses lanjut karena memenuhi unsur (pidana), sudah dimintai keterangan ahli, lembaga perlindungan anak,” tegasnya.

Tetapi, penyidik tidak memaparkan secara detail terkait nasib anak Sinta yang lain. Polisi menyakini kakak Calista akan ada yang menjaganya ketika ibunya dihukum.

“Nanti pasti ada jalan keluar,” kata Setyo.

Sebelumnya, Polri memikirkan untuk menyelesaikan kasus penganiayaan kepada bayi Calista di luar pengadilan. Dalam hal ini, polisi mempunyai wewenang direksi dan restorative justice untuk mencari keadilan.

“Penegakan hukum, supremasi hukum jelas harus dijunjung tinggi, tapi keadilan di atas itu,” ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal pada Senin, 26 Maret 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *