Berkas Perkara Penganiayaan Ustadz di Cicalengka Sudah Lengkap

 

 

Wfgaz.com – Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung menyatakan berkas perkara dugaan tindak penganiayaan ustaz Umar Basri seorang pimpinan ponpes di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Asep Ukin (60) sudah lengkap. Sehingga perkara tersebut akan dilanjutkan dalam proses persidangan.

Berkas perkara dilayangkan pada hari Selasa 13 Maret 2018 kemarin. Satu hari setelahnya, Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung mengungkapkan mengenai kelengkapan berkas perkara tersebut.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana mengiyakan mengenai rampungnya penyidikan oleh pihak polisi. Kemudian pelaku dan barang bukti akan diserahkan pada Jaksa Penuntut Umum.

Pada perkara tersebut, walaupun pelaku mengalami gangguan kejiwaan ketika melakukan aksi penganiayaan, menurut Umar bukan berarti polisi memberhentikan proses penyidikan.

“Hakim yang akan memutuskan apakah terdakwa bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya atau tidak, berdasarkan pemeriksaan di persidangan dan keterangan para ahli,” tutur Umar.

“Jadi bukan berarti polisi tidak meneruskan penyidikannya, hakim yang akan memutuskan,” imbuhnya.

Sebagai informasi, pada hari Sabtu, 27 Januari 2018, pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hidayah, Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, Kiai Haji Umar Basri menjadi korban penganiayaan setelah melaksanakan shalat subuh berjamaah sampai akhirnya dibawa ke rumah sakit. Kemudian selang kurang dari 24 jam tersangka kemudian diamankan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter spesialis kejiwaan menyebutkan bahwa pelaku mengalami ganggua kejiwaan yang berat. Pasalnya, ketika digali keterangan oleh pihak polisi, jawabannya sering melantur.

“Riwayat pengobatan tidak teratur berdasar keterangan keluarga. Yang bersangkutan punya gangguan jiwa berat sejak 15 tahun yang lalu,” ungkap Dokter Spesialis Kejiwaan Leony Wijaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *