Kerusakan Terumbu Karang Di Karimunjawa Minta Pertanggung Jawaban

Wfgaz.com – Keruskan yang terjadi di Karimunjawa sudah dilaporkan kepada pihak Balai Taman Nasional Karimunjawa. Akibat kerusakan yang terjadi pada terumbu karang yang ada di Karimunjawa, pihak yang menjadi perusak terumbu karang diwajibkan untuk bertanggung jawab atas kerusakan tersebut.

“Tapi sesuai aturan, yang merusak harus tetap bertanggungjawab karena wilayah tersebut termasuk dalam Balai Taman Nasional Karimunjawa,” ujar Kepala Balai Taman Karimunjawa Agus Prabowo, Kamis (7/9/2017).

Rencananya minggu depan tim dari Kementerian LHK akan datang ke Karimunjawa untuk melakukan pengecekan dan menghitung berapa luas kerusakan yang telah terjadi pada terumbu karang di Karimunjawa. Agus menjelaskan bahwa ada 3 kerusakan dalan jangka waktu satu tahun ini. Semuanya akibat kapal kongkang yang bersandar di Karimunjawa.

Kerusakan pertama dan kedua terjadi di tempat wisata, sedangkan kerusakan terakhir terjadi di zona tradisional perikanan. Sehingga dalam setahun ini ada 3 kerusakan terumbu karang di wilayah tersebut.

“(Kerusakan) Yang pertama dan kedua adalah (karena) tongkang yang memuat batubara, sementara kasus ini (kali ini karena) mengangkut crane mau di bawa ke Pare-pare. Namun berlindung di Karimunjawa,” kata Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *