Purbalingga Sediakan Lima Unit Ambulans Di Alun-Alun

Wfgaz.com – Lima unit mobil ambulans akan di sediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga lewat anggaran APBD Perubahan 2017. Rencananya kelima mobil ambulans tersebut akan dipergunakan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC).

Tim tersebut yang nantinya akan bertugas dalam memberikan pelayanan kesehatan pad atahap pra bencana ataupun dalam situasi darurat, penanganan kecelakaan dan juga kejadian luar biasa yang lainnya.

Selain itu, pada hari-hari biasa ke lima unit mobil ambulans diparkirkan di Alun-Alun Purbalingga dn juga Kantor lembaga kesehatan dengan tujuan untuk berjaga-jaga.

“Untuk memberikan pelayanan secara cepat bagi masyarakat, kami anggarkan pengadaan lima mobil ambulan beserta lima sopir dan lima tenaga medis yang siap setiap saat. Mobil ambulans tersebut tidak berada di Puskesmas atau rumah sakit, namun di Alun-alun Purbalingga,” kata Bupati Tasdi, Kamis (3/8/2017)

Menurut Bupati Tasdi, pada situasi tidak terjadi bencana, kegiatan TRC melakukan perencanaan penanggulangan bencana, sebagaimana diatur dalam pasal 5 PP 21 Tahun 2008.

Sedangkan pada situasi terdapat potensi bencana, kegiatan mereka meliputi kesiapsiagaan, peringatan dini dan mitigasi bencana.

“Saya berharap kehadiran TRC lengkap dengan mobil ambulans dapat mengatasi ketanggapdaruratan seperti Ibu mau melahirkan di jalan dan bila terjadi kecelakaan lalu lintas juga cepat tertangani,” imbuhnya.

Menurut Tasdi, penanggulangan bencana, menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah bersama masyarakat luas.

Bentuk tanggungjawab itu antara lain, terpenuhinya kebutuhan masyarakat yang diakibatkan oleh bencana, sebagai salah satu wujud perlindungan negara kepada warga negara, pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang penanggulangan bencana.

“Pelayanan kesehatan di Kabupaten Purbalingga akan ditingkatkan, termasuk SDM tenaga medis, baik dokter dan perawatnya agar lebih profesional,”katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *