Kereta Kelinci Terperosok, Belasan Penumpang Luka Ringan

Wfgaz.com – Sebuah kereta mini yang sering dinaiki oleh segerombolan anak kecil bablas terjun ke kali yang mempunyai kedalam dua meter. Kereta yang mengangkut belasan anak-anak ini terperosok di kali yang berada di tepi Jalan Raya Kutasari-Tobong, Desa Meri, Kecamatan Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (15/8/2017).

Kereta mini yang terkenal dengan sebutan kereta kelinci atau dengan nama odong-odong. Berntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, belasan penumpang yang terdiri dari anak-anak banyak yang mengalami luka-luka ringan.

Odong-odong yang dikemudikan Deka Pujiantoro (24), warga Desa Munjul, Kutasari, tersebut mengangkut 11 penumpang anak-anak dan dua ibu.

“Saya dengar suara ribut dari arah atas. Terus tahu-tahu odong-odongnya jatuh, terjun ke sungai,” kata Surtono (45), saksi mata yang melihat langsung insiden tersebut.

Surtono dan beberapa orang yang berada di sekitar lokasi langsung turun ke kali untuk menolong para korban.

“Banyak yang berdarah. Begitu diangkat terus langsung dibawa ke puskesmas sama klinik,” ujarnya.

Sang pengemudi, Deka Pujiantoro, di Mapolsek Kutasari mengatakan odong-odong yang dibawanya oleng karena para penumpang terus bergerak. Dia mengaku telah berusaha mengerem tapi setang odong-odong miliknya tidak bisa digerakkan. Hingga akhirnya kereta mini itu terjun bebas ke sungai.

“Sebelumnya memang sudah oleng karena penumpang yang di gandengan enggak bisa tenang. Sempat berhenti terus saya tegur. Tapi pas jalan oleng lagi, sudah tak bisa dikendalikan,” tuturnya.

Deka menjelaskan, odong-odongnya dirakit dari sepeda motor Honda Supra Fit 110 CC bernomor polisi E 5308 KL. Sepeda motor roda dua itu dimodifikasi menjadi kendaraan roda tiga. Kemudian ditambah gandengan seperti gerobak roda dua. Dalam beroperasi, odong-odong yang baru dirakit tiga bulan lalu itu hanya menggunakan rem teromol di roda depan.

Kapolsek Kutasari AKP Suswanto mengatakan pihaknya masih menahan pengemudi di kantor untuk dimintai keterangan.

“Untuk korban masih kami data, sementara pengemudi masih diperiksa intensif,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *