Pesanan Membludag, Usaha Konveksi Seragam Sekolah Tambah Karyawan

Wfgaz.com – Musim liburan sekolah sudah hampir usai. Usaha konveksi yang berada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada musim kenaikkan kelas tahun ini mengalami pembludagan pesanan seragam sekolah baru. Pemilik Koveksi Jaya Gemilang Khusus Motif Batik dan Kotak, Jamal Gofarudin mengungkapkan selama masa libur sekolah pihaknya mengalami peningkatan pemesanan pakaian seragam sekolah khususnya seragam khas sekolah.

Peningkatan pesanan seragam baru mencapai 75% dari hari-hari biasa. “Kalau hari biasa kita hanya membikin 400 stel setiap minggu, tapi ajaran baru ini, kami membuat sampai ribuan potong dalam seminggu,” ungkap Jamal, Rabu (12/7/2017).

Rata-rata seragam yang dibuat yakni sekolah dasar dan madrasah. Namun, tidak jarang dari SLTP maupun SMA yang memasan. Tidak hanya dari wilayah Brebes, pesanan juga datang dari berbagai daerah di Jawa Barat bahkan Papua.

“Tidak hanya di Brebes melainkan daerah luar kota seperti Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Cirebon, Purwokerto juga memesan. Ada dua SMP dari Papua yang pesan langsung di konveksi ini,” imbuhnya.

Karena membludagnya pesanan, usaha miliknya harus menambah jumlah karyawan dan juga jam keraja dari hari biasa untuk bisa memenuhi pesanan dari berbagai daerah. Jam kerja yang tadinya hanya 8 jam saja, saat ini para karyawannya bekerja hingga malam hari. Dan ada juga seragam yang dilimpahkan untuk dijahit ke penjahit rumahan agar bisa selesai sesuai waktunya.

“Untuk pengerjaan di penjahit rumahan, kita hanya membayar ongkos jahitnya, karena semua bahan dari kami,” terangnya.

Pada tahun ajaran kali ini, dia menerima orderan pakaian seragam dari 250 sekolah baik SD, SMP, maupun SMA. Jumlah pesanan tiap sekolah bervariasi, untuk tingkat SD berkisar 30-40 stel, SMP dan SMA bisa mencapai 200 stel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *